Kontestasi Pilkada 2020 Pesisir Barat


Catatan dari berbagai sumber....
Perhelatan Pilkada 2020 di Kabupaten Pesisir Barat, Dan tahapan Pilkada 2020 pun sudah diundangkan di PKPU No 15 Tahun 2019. Dan beberapa kandidat mulai "menampakkan" diri, selain Bupati Petahana Agus Istiqlal yang akan maju kembali dan Wabup Petahana Erlina juga akan ikut kontestasi tersebut. Beberapa nama pun sudah mulai terlihat mendaftarkan diri di beberapa Parpol di Pesibar yang membuka Penjaringan Balon Bup Pilkada 2020.

Sesuai hasil Pemilu Legislatif 2019, di Pesisir Barat hanya ada dua parpol yang bisa mengusung calon bupati dan wakil bupati sendiri, yakni Partai NasDem dan PDIP. Dilihat dari peta politik itu hampir bisa dipastikan sudah ada dua pasangan cabup/cawabup, tentu jika dilihat dari konstelasi politik lokal di pesibar kandidat yang akan ikut kontestasi itu bisa 4 pasangan calon bup/wabup, dan kalau dilihat karakter politik yang dinamis dan unpredict, ini akan terjadi banyak kemungkinan.
NasDem dengan Haji Agus Istiqlal Bupati Petahana yang juga Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Pesisir Barat, ini hampir bisa dipastikan, yang masih "kabur" adalah wakil bupatinya yang akan mendampinginya. Seperti dilansir beberapa media di pesibar ada tiga kandidat kuat yang akan menjadi pendamping Haji Agus Istiqlal, yakni : Pun Zulqoini Syarif, Drs. Azhari, MM dan Sri Dahliawaty,.SH.M.Kn.
PDIP, menurut beberapa informasi dari internal PDIP, Pieter yang juga Ketua DPC PDIP Pesibar dan Elti Yunani yang dimajukan, tapi ini juga baru prediksi, karena di PDIP baru selesai proses tahapan tingkat Kabupaten. Bisa saja nama nama lain akan muncul, tapi yang pasti PDIP akan mengusung sendiri.
PKB, meski partai ini jumlah kursinya tidak cukup untuk mengusung sendiri calon bup/wabup, Ketua DPC PKB, Erlina yang juga Wakil Bupati Petahana saat ini pun sudah menyatakan ikut dalam kontestasi Pilkada 2020. Arah nya juga belum jelas, tapi yang pasti akan berkoalisi, yang memungkinkan adalah Golkar Dan Demokrat.
Demokrat, sama dengan PKB tapi kala Aria Lukita yang identik dengan demokrat mulai mendaftar di penjaringan di beberapa parpol, sedikit banyak arah nya sudah bisa dibaca, apalagi muncul nama Rahman Kholid, Ketua DPD II Golkar yang juga ikut meramaikan bursa Balon Bup/Wabup. Ini akan menjadi konstelasi politik yang dinamis.
Semua masih "meraba", tapi yang baru bisa dipastikan akan mengusung sendiri hanya dua partai, yakni: NasDem dan PDIP.

No comments:

Post a Comment